24.7.06

Pramuka, Praja Muda Ka...

Ada yang baca feature tentang Jamnas Pramuka Kiarapayung, di Kompas minggu kemarin?

Aku mengenal Pramuka hanya di SD saja, dan tidak tertarik untuk terus "berkarir" di organisasi itu. Entah kenapa. Mungkin karena aku pernah kabur dari acara Persami, bingung lihat semapur dan morse. Lalu kapok.

Sisa ingatanku tentang Pramuka masih ada. Kata pembimbingku waktu itu, Pramuka harus kreatif, agar bisa survive, bahkan menjadi tangan penolong bagi siapapun yang membutuhkan. Pramuka itu harus bisa bertahan dari goncangan, seperti pohon kelapa yang akarnya kuat. Pramuka harus berguna dari ujung kaki sampai ujung kepala, dan mampu tumbuh di mana saja.

Jelas, berita di Kompas minggu kemarin membuatku berpikir: Pramuka itu bullshit. Mirip seperti pemikiranku waktu kabur dari lomba semapur dan morse.

Jamnas Kiarapayung, dihiasi banyak bendera sponsor, dari Honda hingga dodol Picnic. Para Pandu diajari berbagai hal, termasuk bagaimana mengenal produk Honda dan mengendarainya dengan benar.

Produsen junk food asal Amrik tidak kalah gesit. Diantara bentangan tenda, gerai KFC dan Mc. D turut meramaikan suasana. Seperti dilansir Kompas, para Pandu bebas membeli makanan kesukaan mereka, tanpa harus bersusah payah memasak. Hmm... atau kurang air minum? tidak usah khawatir, Alfamart turut hijrah ke atas gunung kok. Aqua kan murah, cuma tiga ribu perak satu botol besar.

Kreativitas apa yang diajarkan pada anak-anak remaja itu? Mungkin kreativitas mengelola uang ya, biar tidak habis sebelum Jamnas bubar. Atau mungkin intinya mereka harus bisa bertahan hidup dengan mudah di kota besar. Seperti misalnya, jika sedang sibuk lalu tiba-tiba lapar, cobalah taktis dengan segera menelepon KFC atau Mc. D. Efektif dan efisien.

Oya, para pembinanya juga diajari hal-hal baru lho... Tidak jauh dari situ, digelar juga Jambore Golf, tentu saja di Giri Gahana, padang golf lengkap dengan hotel mewah yang dulu sempat membuat saya betah berlama-lama nongkrong karena kenyamanannya. Katanya sih biar para pembina bisa beristirahat sambil main golf.

Pramuka bullshit, Pramuka Praja Muda Ka... Ef-Ce.

Posted by Lia @ 6:50 PM

Read or Post a Comment

hehe..semangat amat nyela nya.. :D

dulu aku gak pernah berhasil dilantik jadi penggalang..
gak tau knapa..gak semangat aja..mungkin karena seragamnya yang coklat..serasa dekil.. :D
gak pernah ikutan camping juga..

Posted by Blogger imgar @ 4:13 AM #
 

ini mengkritik Pramuka atau Jambore-nya nih? ide-ide di pramuka .. hm... mnrt gue not bad, tapi harus dirombak lagi paradigmanya, termasuk seragam dan kandungan militeristiknya.
Ng.. Paradigma apaan sih? :P

Posted by Blogger a2s @ 1:41 PM #
 

aku ga pernah ikutan pramuka
ga suka
dan sukurnya bapak ku dulu sangat2 ga membolehin anak cewe nya ikut2an begituan ga tau takut item atau banyak kenangan di kaki kali jadi alhamdulillah masih mulus mbak huahahaha

ga penting banget yah comment ku ini

Posted by Blogger mutiara nauli pohan @ 3:47 PM #
 

hehehe...
kakakku ikutan pramuka sampe sma, dia cinta bgt tuh sama pramuka sepertinya...
kalo' aku sih... boro2, kemping di sekolah yang di depan rumah aja di samperin sama satu keluarga full team... dibawain makanan, dibawain selimut, macem2 gitu, malu2in... :(

Posted by Blogger v1rzh4 @ 8:38 AM #
 
<< Home